Thursday, August 17, 2006

KRL-Mania group milis para penumpang KRL Jabotabek


Anda pelanggan Kereta Api Listrik (KRL) Jabotabek? Bila ya, group milis ini cocok untuk anda. KRL-Mania adalah group milis bagi komunikasi penumpang dan pelanggan KRL Jabotabek. Diskusi di group ini terasa akrab. Tanpa moderasi, namun tak usah kuatir akan adanya spam karena moderator cukup tegas bagi pelaku spam. Moderasi hanya bagi member baru yang belum dikenal oleh member.

Sekalipun membernya cukup banyak hampir 1.200 orang, namun diskusi mereka sangat akrab. Dengan diskusi yang berjumlah diatas 1.100 posting perbulan, para member membicarakan kejadian seputar perjalanan di KRL. Dalam keakraban diskusi mereka tercetus ide-ide bagaimana meningkatkan layanan KRL juga stasiun kereta api. Ada pula member yang menuangkan kekesalan mereka milis. Yang lainnya menginformasikan perihal hambatan traffic. Ada juga yang menulis pengalamannya yang ironis, berdiri berdesak-desakan di ruang masinis. Ada yang menceritakan pengalaman yang menjengkelkan misalnya, kiat-kiat penumpang untuk tidak membayar ticket kereta. Diskusi-diskusi yang menarik ini tentu saja patut dicermati oleh pengelola KRL.

Namun kegiatan mereka tak melulu diskusi. Ada pertemuan para member. Misalnya pada bulan April 2005, beberapa member bertemu dengan pengelola KRL divisi Jabotabek. <http://groups.yahoo.com/group/KRL-Mania/message/12010> Disini mereka menyampaikan harapan-harapan akan peningkatan layanan KRL. Ada pula kegiatan yang bersifat social seperti donor darah.

Moderator cukup rajin mengumpulkan informasi-informas seputar KA dalam feature files. Didalam file diantaranya terdapat jadwal KRL, peta lintasan KRL Jabotabek dan RUU Kereta Api. Dalam feature foto, kita dapat melihat kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan.

Saat ini group milis ini tidak hanya memiliki mailing list di Yahoo!Groups yang berada di URL
http://groups.yahoo.com/group/KRL-Mania/
, kini mereka juga memiliki website www.krlmania.com . Kenyataan-kenyataan yang disebut di atas adalah bukti bahwa group ini bukan sekedar kumpulan orang yang berkirim email menggunakan layanan milis. Mereka sudah mewujud jadi sebuah komunitas, yakni komunitas pengguna jasa layanan KRL. Selanjutnya berpulang kepada pengelola KRL, apakah mereka cukup tanggap dengan konsumen mereka yang cukup solid ini.

Foto di atas diambil dari

http://groups.yahoo.com/group/KRL-Mania/