Friday, July 21, 2006

Batak Gaul, gaul di cyber - gaul di kopi darat


Tempat gaulnya orang-orang Batak sejagad, demikian mereka menamakan komunitas mereka. Group milis ini memang dibuat untuk keperluan tersebut. Diskusi mereka hangat dan akrab serta kental dengan suasana kekerabatan. Ragam diskusi bisa dari masalah adat dan budaya Batak, berita kampung halaman, mencari kenalan atau saudara hingga mencari lowongan pekerjaan dan partner bisnis.

Group dengan alamat URL
http://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul/
memiliki anggota yang berhubungan akrab. Hal ini dibuktikan dan ditunjang dengan acara-acara pertemuan offline atau kopi darat. Acara offline telah beberapa kali mereka adakan. Tercatat telah ada 7 kegiatan yang secara formal meliputi hiking, gathering untuk saling kenal dan membina keakraban, juga acara yang bersifat kerohanian. Event kopi darat ini telah mereka lakukan sejak tahun 2003 hingga yang terakhir kemarin pada April 2006. Konsistensi tersebut menunjukkan group ini memiliki member yang memiliki jalinan pertemanan yang cukup erat. Salah satu adalah seperti foto diatas yakni October in Love yang diadakan pada bulan Oktober 2005.

Tingkat konsisten group ini ditunjukkan dari besarnya jumlah posting perbulannya. Lebih dari 1.100 posting perbulan. Padahal group ini di moderasi, hingga tak seluruh posting diijinkan masuk ke inbox member. Ketika didirikan pada awal Juli 2003, jumlah posting pada bulan pertama itu telah mencapai lebih 1.100 posting. Hal ini amat jarang terjadi dalam dunia milis. Namun bisa terjadi demikian karena memang mereka telah memiliki ikatan yang sangat kuat sebelum group milis ini dibentuk. Ikatan tersebut adalah kekerabatan dalam adat.

Setiap orang yang ingin mendaftar dalam group milis [Batak_Gaul] ini diminta untuk mengisi data jati diri. Moderator menanyakan nama, alamat, status, marga, marga ibu dll. Namun bila anda bukan orang Batak, group milis ini juga terbuka bagi mereka yang memiliki simpati terhadap orang dan budaya Batak. Di group milis ini anda dapat belajar adat serta budaya Batak.

Bila anda orang Batak. Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Mandailing/Angkola dan Batak Pakpak/Dairi, group ini bisa jadi pilihan untuk bergaul akrab dengan teman dan kerabat sesuku.

Foto di atas diambil dari

http://groups.yahoo.com/group/Batak_Gaul/