Saturday, July 15, 2006

Group milis [dunia-wirausaha] bagi calon wiraswasta

Group milis ini dibentuk pada pertengahan September 2004. Dipersiapkan dengan baik oleh 3 orang moderatornya yakni Dini Shanti, Stella dan Nadia Yuniardo.

Segmentasi member group ini adalah para calon wiraswasta untuk memiliki dan mempersiapkan diri terjun ke dunia bisnis. Saya beranggapan moderator cukup cerdik dalam hal mereka mempersiapkan group ini. Mereka mempersiapkan mailing listnya di Yahoo!Groups dengan alamat URL http://finance.groups.yahoo.com/group/dunia-wirausaha/ , tidak langsung melakukan posting. Mereka membuat undangan ke berbagai pemilik email untuk bergabung di group tersebut. Hingga pada saat group tersebut mencapai jumlah sekitar 90 orang, group ini mulai menerima posting.

Group [dunia-wirausaha] memiliki posting yang cukup konsisten jumlahnya setiap bulan, yakni lebih dari 200 email. Isi postingpun cukup terjaga, karena untuk dapat dikirimkan ke semua member, posting tersebut mengalami pemeriksaan oleh moderatornya. Maka para member tak perlu kuatir, bahwa mereka akan mendapatkan posting-posting yang tak ada hubungannya dengan minat mereka.

Kebanyakan member di group ini adalah mereka yang berminat untuk terjun ke dunia bisnis. Mereka yang mencari info tentang peluang bisnis. Beberapa usaha bisnis yang dilirik oleh member adalah café skala kecil dan wartel ataupun warnet.

Berpromosi di group milis ini tetap diijinkan oleh moderator. Ada hari yang dikhususkan untuk mengirimkan posting yang bersifat promosi. Bila anda berminat untuk berpromosi di dunia-wirausaha@yahoogroups.com sebaiknya pelajari dulu peraturan yang dibuat moderator. Moderator melakukan seleksi yang cukup ketat, sehingga cukup nyaman bagi member lainnya karena menerima posting yang bermanfaat. Salah satu bukti dari group ini dirasa bermanfaat bagi membernya adalah pertumbuhan jumlah member. Kini dengan usianya yang hamper 2 tahun group itu telah memiliki member hampir 1.600 orang.