Monday, July 17, 2006

[ForumAMI] group milis para arsitek


Mereka-mereka yang bergabung di Forum Arsitek Muda Indonesia membentuk group ini. Beralamat di URL
http://groups.yahoo.com/group/forumami/
mereka menamakan milis ini [forum AMI]. Bergabung di group milis ini seolah kita berada ditengah kancah pemikiran para arsitek berprestasi. Hal ini bisa terjadi karena sederetan nama-nama kondang dalam dunia arsitektur ada disini, beberapa diantaranya adalah Sonny Sutanto, Ahmad Djuhara, Zenin Adrian, Marco Kusumawijaya dan Putu Mahendra.

Mengkuti diskusi mereka akan terasa jauh dari menjemukan. Saling lempar gagasan tentang profesi arsitektur diantara mereka akan menambah wawasan bagi siapa yang tergabung di dalamnya. Diskusi terkadang berupa argumentasi tajam. Di lain waktu mereka saling bercanda. Hal ini menunjukkan keakraban diantara mereka. Bagi mereka group milis ini adalah wadah dimana mereka dapat saling memelihara visi mereka sewaktu mereka membentuk AMI.

Bagi kalangan calon arsitek, group ini adalah tempat berguru yang baik. Disikusi disini solid dengan pemikiran arsitek. Melingkupi ide design, etika profesi. Bukan itu saja, mereka bisa saling bertukar info tentang material bahan bangunan arsitektur. Selain itu mencari karyawan atau staff arsitek untuk bergabung ke biro arsitektur adalah hal yang kerap dilakukan.

Pendek kata, inilah group milis yang dipimpin oleh mereka-mereka yang integritas profesi arsiteknya telah teruji. Beberapa diskusi yang menunjukkan penghormatan akan karya seni arsitektural mewarnai rentetan email dalam inbox membernya. Misalnya Wisma Bank Danamon yang sekarang menjadi Sudirman Square. Kita dapat belajar philosophy ataupun konsep dari Henry Cobb sang arsitek dalam membangun gedung itu. Atau diskusi tentang Gedung Veteran (Balai Sarbini) yang diubah menjadi Plaza Semanggi, yang akhirnya menghilangkan bentuk semula dari gedung tersebut.

Bila anda seorang arsitek atau calon arsitek dan belum tergabung dalam sebuah group milis arsitektur, group ini merupakan pilihan yang baik. Silakan kirim subscription anda ke
Forumami-subscribe@yahoogroups.com


Foto di atas diambil dari

http://ph.groups.yahoo.com/group/forumami/photos/view/e962?b=1
dan di foto
oleh Zenin Adrian.