Wednesday, June 22, 2005

Group milis [konstruksi] offline meeting

Setelah lama saya tunggu-tunggu, akhirnya pertemuan untuk saling kenal antar member group milis [konstruksi] terwujud juga. Pertemuan yang pertama kali. Kami berkumpul di Starbucks Coffee Pasaraya Blok M. Jumlah yang hadir memang tak banyak, tapi untuk saya cukup menyenangkan. Di sela-sela ngobrol akrab, kami bertukar informasi tentang apa yang kami kerjakan. Seperti umumnya sebuah pertemuan yang beraroma bisnis, kami bertukar kartu nama. Beberapa dari kami bertukar company profile atau brosur dan sampel produk.

Saya sendiri punya harapan yang banyak akan group milis ini. Membangun network dan bertukar informasi dan berbagi peluang, merupakan hal yang senantiasa perlu dikembangkan. Hal-hal praktis lainya adalah soal seminar atau workshop. Mungkin di masa depan group ini punya nilai dimata penyelenggara seminar-seminar konstruksi. Misalnya ada tawaran seminar dari sebuah penyelenggara, bila ada sejumlah member yang berminat, kita bersama mengusahakan discount. Hal ini adalah hal yang lumrah, seperti lazimnya ditawarkan oleh sebuah workshop organizer, discount diberlakukan untuk beberapa pendaftar dari sebuah institusi.
Terima kasih untuk rekan-rekan yang sudah memenuhi undangan saya:

- Yudi Ariyanto (Pansystems Komunikasi Data)
- Yudhistira Pangaji (Duta Kreasi Tatarupa)
- Dwi E Wibowo (Duta Kreasi Tatarupa)
- Mohammad S Pridharma (Orbis Indonesia)
- Frida Ferdiana (Frihend Nusaindo Jaya)
- Hendra Tjhi (Huls Tirtacitra)

Bagi saya pertemuan malam ini adalah langkah awal yang baik. Saya sendiri dalam riset saya yang saya tuangkan dalam penulisan buku saya, tergabung di lebih dari 240 group milis. Pertemuan semacam ini adalah dobrakan memecah kekakuan akibat perkenalan sebatas keyboard dan layar monitor. Group yang fokus dan bisa mengupayakan pertemuan, memiliki harapan besar untuk menghasilkan manfaat bagi membernya. Dan bagi kita semua, manfaat bagi bisnis kita, bisnis konstruksi yang kita geluti.