Thursday, August 31, 2006

Jumlah member group milis, kuantitas vs kualitas


Bila anda browsing ke web Yahoo!Groups dan memilih untuk bergabung di sebuah group milis, apa yang menjadi kriteria anda? Atau bila anda menerima undangan dari 2 moderator group yang sejenis, apa yang mendasari keputusan anda dalam memilih salah satunya? Kebanyakan orang akan memilih group milis yang memiliki member lebih banyak.

Hal diatas adalah cara pandang yang berlaku umum. Karena kebanyakan orang akan beranggapan bahwa banyaknya member membuktikan bahwa group senantiasa bertumbuh. Diperkirakan diskusinya menyenangkan karena bisa terjadi banyak orang yang terlibat. Bagi mereka yang menggunakan layanan milis untuk berpromosi akan beranggapan bahwa akan banyak pembacanya pula.

Pendapat di atas ada benarnya sekalipun bukan pasti demikian. Kenyataannya banyaknya member tidak selalu berbanding lurus dengan tingginya kualitas. Hal ini karena banyaknya jumlah member bisa diupayakan dan tidak terlalu sulit. Caranya bisa bermacam-macam.

5 tahun lalu di Yahoo!Groups kita bisa merekayasa jumlah member dengan sembarang add member. Kita bisa melakukannya maksimal 50 member perhari. Alamat email tak perlu sungguhan. Email karangan kita sendiri juga bisa digunakan. Maka bila anda rajin, maka tak sampai setahun anda sudah memiliki belasan ribu member.

Namun cara di atas sudah tidak mungkin untuk dilakukan lagi. Yahoo!Groups sudah menutup cara tersebut. Tapi dalam setahun ini terjadi trend baru dalam upaya mempercepat penambahan jumlah member. Bila anda subscribe ke sebuah group milis mungkin anda pernah menerima email seperti ini: Terima kasih atas niat Anda untuk bergabung di [milis_xyzzyx]
untuk dapat diterima menjadi anggota [milis_xyzzyx], Anda wajib mengundang 7
orang rekan Anda atau 3 group milis yang Anda ikuti dengan men Cc kan ke

xyzzyx-owner@yahoogroups.com .
Keanggotaan Anda akan kami tunda sampai kami menerima Cc
undangan Anda kepada 7 orang rekan atau 3 group milis tersebut
. Kadang-kadang beberapa moderator memberikan penekanan seperti:
Jika anda keberatan dengan kewajiban ini, lupakan saja
email ini, dan kesempatan untuk bergabung dengan [milis_xyzzyx] kami

tutup. Cara ini adalah sah-sah saja untuk dilakukan oleh moderator. Dan ini adalah kiat yang cukup cerdik untuk mempromosikan group milis. Dengan tindakan ini member akan bertambah dalam waktu yang cukup singkat.

Namun ada cara lain yang lebih mujarab dalam menambah loyal member dari sebuah group milis. Yakni biarkan member yang mengundang member. Member akan menginformasikan pada rekan-rekannya tentang posting-posting yang bagus dari sebuah group milis. Atau mungkin member-member baru bermunculan setelah mengikuti kegiatan-kegiatan offline. Jadi dalam hal ini peranan moderator terfokus pada pemeliharaan content diskusi serta kegiatan-kegiatan offline yang bermanfaat bagi anggotanya. Dalam hal ini kita bisa mempelajari bagaimana kiat dari moderator [marketing-club]
http://finance.groups.yahoo.com/group/marketing-club/
dan
moderator [cosmo]
http://groups.yahoo.com/group/cosmopolitan-indonesia/
  . Kedua group ini memiliki member lebih dari 6.200 orang. Para moderator group milis ini cakap mengelola tak hanya diskusi, tapi piawai mengadakan acara-acara pertemuan bagi member group milis mereka. Bagi mereka, jumlah member yang senantiasa bertambah adalah sekedar konsekuensi logis dari konsitensi mereka menjaga kualitas kehidupan milis mereka